Paniai-Simeulue Coblos Susulan Lewati Batas Waktu, KPU Beri Alasan

Jakarta

KPU akan menggelar pemungutan suara susulan (PSS) di Paniai, Papua Tengah, dan Simeulue, Aceh. KPU memberi kelonggaran untuk Paniai dan Simeulue menggelar PSS melampaui batas waktu yang ditetapkan.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024). Diketahui, jika berdasarkan UU Pemilu, pemungutan suara susulan, pemungutan suara ulang dan pemungutan suara lanjutan digelar maksimum pada 24 Februari 2024.

“Batas waktunya 10 hari setelah hari pemungutan suara. Akan tetapi nanti ada beberapa daerah yang mengalami lex specialis, karena transportasi pengiriman logistik yang terlambat,” kata Idham.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Idham mengatakan perlakuan khusus tersebut hanya diberikan kepada wilayah-wilayah yang secara geografis bervariasi. Contohnya, logistik untuk 92 TPS di Paniai yang akan menggelar PSS baru diterbangkan ke Papua Tengah, Jumat (23/2) pagi.

“Kita ketahui penerbangan ke Papua Tengah harus transit di Jayapura, lalu terbang. Lalu, masih ada kegiatan sortir lipat (surat suara). Ini membutuhkan waktu,” jelasnya.

Idham menyebut hal serupa pun terjadi di pemungutan suara susulan di Simeulue, Aceh. Dia mengatakan saat ini logistik PSS di wilayah itu masih berada di Banda Aceh.

Diketahui, untuk mencapai Simeulue, diperlukan pelayaran paling cepat 12 jam. Sebab itu, PSS di Simeulue kemungkinan akan digelar pada 25 Februari 2024.

“Logistiknya sudah ada, belum lagi butuh waktu pengemasan,” tuturnya.

(amw/rfs)

Cek Quick Count Pilpres Pileg 2024

Data tersedia dari 6 lembaga survey, hanya di detikpemilu.com

Lihat

 

Updated: Februari 23, 2024 — 2:02 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *