Operasi Keselamatan Mahakam 2024 Dimulai Besok, Polda Kaltim Fokus Edukasi dan Preemtif

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar) menjelang Idul Fitri 1445 H/2024, Polda Kaltim beserta jajarannya menggelar Operasi Keselamatan Mahakam 2024.

Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Artanto, menjelaskan bahwa Operasi Keselamatan Mahakam 2024 tahun ini lebih mengedepankan pendekatan preemtif dan preventif, dengan fokus pada edukasi dan persuasi kepada masyarakat.

Baca juga: Harga Daging Sapi di Bontang Naik Jelang Idul Fitri Tembus Rp 170 Ribu Per Kg

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan simpati dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Operasi ini bukan untuk menilang sebanyak-banyaknya, tapi bagaimana kita bisa mengedukasi dan mengajak masyarakat secara humanis agar selalu patuh dan disiplin terhadap lalu lintas,” ujar Kombes Pol Artanto, Minggu (3/3/2024).

Meskipun demikian, upaya penegakan hukum tetap akan dilakukan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Kombes Artanto merincikan, beberapa sasaran utama operasi ini antara lain:

* Pengendara yang tidak memakai helm* Pengendara yang membonceng lebih dari satu orang* Pengendara di bawah umur* Pengendara yang mabuk* Pengendara yang melebihi batas kecepatan* Pengendara yang melawan arus lalu lintas* Pengendara yang bermain ponsel saat berkendara* Kendaraan Over Dimension Overload (ODOL)

Baca juga: Lengkap Daftar Libur Nasional Bulan Maret dan Cuti Bersama 2024, Termasuk Libur Lebaran Idul Fitri

Lebih lanjut dia mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk mendukung Operasi Keselamatan Mahakam 2024 dengan selalu patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, demi terciptanya Kamseltibcar yang kondusif di wilayah Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Operasi Keselamatan Mahakam 2024 ini juga didukung oleh berbagai instansi terkait.

Selain itu, Polda Kaltim juga akan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi dan edukasi terkait Kamseltibcar kepada masyarakat luas.

“Kami berharap dengan kerjasama semua pihak, Operasi Keselamatan Mahakam 2024 dapat berjalan dengan sukses,” pungkas Kombes Pol Artanto.

Ikuti Saluran WhatsApp Tribun Kaltim dan Google News Tribun Kaltim untuk pembaruan lebih lanjut tentang berita populer lainnya

Sumber: Tribun Kaltim

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Updated: Maret 3, 2024 — 5:34 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *