Bukan Tembok China, Ini 4 Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah bangunan yang dibuat manusia bisa terlihat langsung dari luar angkasa. Namun, tidak ada tembok besar China dalam daftar tersebut.

Para astronom yang bertugas di luar angkasa menyaksikan beberapa bangunan di Bumi itu, bahkan tanpa bantuan alat sekalipun.

Sebagai informasi, luar angkasa sendiri merujuk pada garis karman. Ini menandakan batas antara atmosfer Bumi dengan antariksa, berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

“Garis Karman merupakan perkiraan wilayah yang menunjukkan ketinggian di mana satelit bisa mengorbit Bumi tanpa terbakar atau jatuh dari orbit sebelum mengelilingi Bumi setidaknya sekali,” jelas Katrina Bossert selaku fisikawan luar angkasa Arizona State University, dilansir dari Live Science, dikutip Minggu (10/3/2024).

Meski demikian Tembok China, salah satu bangunan terbesar dunia, tidak masuk dalam daftar yang terlihat dari luar angkasa. Ini diakui oleh Mantan Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield.

Menurutnya tembok besar China terlalu sempit terlihat dari luar angkasa. Bangunan itu juga mengikuti kontur serta warna alami dari geografi sekitarnya.

Berikut daftar bangunan yang bisa dilihat dari antariksa dengan mudah, dirangkum CNBC Indonesia:

1. Palm Jumeirah Dubai

Palm Jumeirah merupakan pulau buatan di Dubai. Pulau-pulau tersebut bisa terlihat dari Garis Karman. Bahkan stasiun ISS yang berada di ketinggian 400 km di atas permukaan laut juga bisa melihatnya.

Namun di ISS butuh alat bantu. Astronaut di sana melihatnya dengan menggunakan lensa 800 mm.

2. Piramida Giza

Khusus untuk Piramida Giza terdapat dua pendapat soal penampakannya di luar angkasa. Astronaut asal Inggris, Tim Peake mengatakan bangunan itu tidak terlihat, namun struktur masifnya bisa terlihat dengan lensa 800mm.

Sebaliknya, mantan astronaut NASA dan komandan ISS bernama Leroy Chiao mengatakan piramida dapat terlihat dari orbit. Bahkan bisa dilihat jelas dengan mata telanjang.

“Ada banyak yang bisa dilihat dari ISS, bahkan dengan mata telanjang,” ucapnya. “Misalnya pernah menemukan piramida besar dengan telefoto dan bisa memilih dua yang besar dengan mata telanjang, selama pencahayaan dan kondisi cuaca baik, sebagai dua titik kecil.”

3. Three Gorges Dam

Three Gorges Dam merupakan bendungan raksasa di Sungai Yangtze China. Tingginya mencapai 185 meter dan panjang lebih dari 2km.

Bangunan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia. Three Gorges Dam juga menjadi bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun

4. Bingham Canyon Mine

Tambang ini juga bisa dilihat jelas dari luar angkasa. Letaknya berada di 32 km tenggara Salt Lake City.

Bingham Canyon jelas terlihat dari Garis Karman tanpa alat bantu. Selain itu juga bisa dilihat dari pesawat ulang alik yang terbang 305-531 km di atas permukaan laut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bukan Tembok China, 4 Bangunan Ini Terlihat dari Luar Angkasa


(luc/luc) 

Updated: Maret 9, 2024 — 11:40 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *